3 Tips Trading yang Sering Diabaikan Trader Pemula

 


Saat memulai trading, pasti kamu dihadapkan dengan berbagai tips sukses untuk trader pemula. Di antara puluhan tips yang dapat kamu temui di internet maupun di materi edukasi dari broker, ada beberapa tips yang sering diabaikan oleh trader pemula karena terlihat kurang krusial. Padahal tips-tips ini sangat penting untuk diikuti. Tips apa sajakah ini?


1. Atur emosi dan ekspektasi


Apa tujuanmu memulai bisnis trading? Apakah untuk mendapatkan banyak uang dalam waktu singkat? Jika iya ini tujuanmu, pertimbangkan kembali keputusanmu untuk trading.


Bisnis trading memang berpeluang menghasilkan banyak profit, tapi tidak dalam waktu singkat dan tentunya ada risiko yang harus dikelola untuk mendapatkan profit yang konsisten dalam jangka panjang. Trader pemula sering mengabaikan aspek psikologi dalam trading, padahal ini sama pentingnya dengan belajar mengatur risiko dan mengelola dana. Dengan emosi yang stabil, maka trader akan dapat mengambil keputusan yang logis sesuai kondisi pasar, bukan asal membuka dan menutup posisi saja. Dan dengan ekspektasi yang terkontrol, trader akan dapat membuat rencana trading jangka pendek dan panjang, dengan target profit yang pada akhirnya akan menguntungkan trader.


2. Kenali currency pairs pilihanmu


Biasanya trader pemula akan langsung melakukan diversifikasi di beberapa major pairs atau pasangan mata uang utama, seperti EURUSD (euro/dolar Amerika), GBPUSD (poundsterling/dolar Amerika), USDJPY (dolar Amerika/yen Jepang), dan lain-lain. Namun jangan abaikan karakteristik dan korelasi antar currency pairs, karena biasanya pergerakan harga mata uang saling berpengaruh satu sama lain. 


Misalnya pasangan EURUSD dan GBPUSD. Kedua pasangan ini berkorelasi positif atau bergerak ke arah yang sama. Jika EURUSD menguat, biasanya GBPUSD juga ikut menguat. Jika EURUSD melemah, biasanya GBPUSD pun ikut melemah. Hal-hal seperti ini penting untuk kamu pahami sebelum memilih currency pairs dan mulai masuk ke pasar.


3. Ikuti rencana trading-mu dengan konsisten


Rencana dan konsistensi. Keduanya adalah kunci penting dalam bisnis trading, baik untuk trader pemula maupun trader pro. Rencana trading yang kamu buat harus meliputi batas risiko loss dan target profit, serta jumlah maksimal lot yang akan kamu transaksikan tergantung dari dana yang kamu miliki. 


Setiap trader memiliki rencana trading yang berbeda-beda. Pastikan rencana trading yang kamu buat sudah sesuai dengan profil risikomu dan jumlah dana yang kamu miliki. Tentukan juga target yang masuk akal agar rencana trading-mu dapat terus kamu jalankan secara konsisten sesuai jangka waktu yang kamu pilih.


Ketiga tips di atas sering diabaikan karena banyak trader pemula yang terlalu percaya diri dan terlalu optimis pasti profit. Memang optimisme bagus untuk dimiliki, tapi optimisme tanpa kontrol, edukasi, dan rencana cadangan sama saja seperti menjebak diri sendiri untuk jatuh dalam kegagalan. Ingat untuk selalu mengharapkan hasil yang terbaik, tapi persiapkan juga dirimu untuk skenario terburuk. Jangan lupa terus latihan trading juga dengan simulasi di Akun Demo MIFX untuk makin mempertajam insting trader-mu.


Belajar Forex Gratis di www.balitradersacademy.com

Komentar