Kenali Faktor Penggerak Harga Perak Sebelum Mulai Trading

 


Selain emas, komoditi lain yang banyak dilirik trader pro dan pemula untuk mencari peluang trading adalah perak. Likuiditas yang cukup tinggi serta sifatnya sebagai logam mulia yang cenderung mengikuti pergerakan harga emas menjadikan perak aset yang baik untuk meraih profit. Berikut adalah beberapa faktor penggerak harga perak yang perlu Anda kenali sebelum mulai trading perak.

Supply and demand

Seperti produk-produk lainnya, harga perak juga berhubungan erat dengan supply and demand, atau permintaan dan penawaran. Saat stok perak banyak tapi permintaan sedikit, maka harga perak akan turun. Sebaliknya, saat stok perak mulai langka dan permintaan banyak, maka harga perak akan naik. Mari kita lihat contoh lebih jelasnya pada poin-poin selanjutnya.

Situasi ekonomi

Ketika negara mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik, biasanya permintaan terhadap perak akan meningkat. Ini karena daya beli masyarakat juga tinggi, sehingga banyak masyarakat yang membeli perhiasan perak serta barang-barang berkomponen perak, seperti jam tangan dan gadget. Permintaan yang tinggi ini akan menyebabkan harga perak ikut naik. Dan ketika pertumbuhan ekonomi melambat, maka daya beli masyarakat pun akan menurun. Akibatnya, permintaan terhadap perhiasan dan barang-barang berkomponen perak menurun, sehingga harga perak juga ikut turun.

Perkembangan teknologi

Salah satu peran perkembangan teknologi dalam menggerakkan harga perak dapat dilihat pada bidang fotografi. Zaman dahulu, fotografi membutuhkan perak dalam jumlah tinggi sebagai bahan film. Sekarang, kamera analog yang menggunakan film sudah jarang digunakan, sehingga permintaan perak pun menurun.

Namun, Anda tak perlu khawatir perak akan kehilangan nilainya, karena dewasa ini, industri perak aktif mendaur ulang scrap silver menjadi komponen dalam pembuatan berbagai perangkat elektronik. Aktivitas daur ulang ini membantu mengontrol harga perak di pasaran agar tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu jatuh. Bukan cuma itu, pembuatan panel surya juga menggunakan perak sebagai salah satu bahan utamanya. Jadi, meskipun permintaan dari bidang fotografi menurun, tapi permintaan perak tetap bermunculan dari bidang-bidang lain. Ini menjaga siklus permintaan dan penawaran perak di pasaran, sehingga perak tetap diminati untuk trading dan investasi hingga sekarang.

Korelasi perak dengan produk lain

Dalam trading, perak dipasangkan dengan dolar Amerika (XAGUSD). Jika harga dolar menguat, maka harga perak melemah. Begitu pula sebaliknya, harga dolar melemah saat perak menguat.

Selain USD, pergerakan harga perak juga sering dikorelasikan dengan emas. Secara umum, harga perak dan emas berkorelasi positif. Sehingga saat harga emas naik, biasanya harga perak pun ikut naik, dan sebaliknya.

Tertarik trading perak? Gunakan faktor-faktor di atas sebagai dasar analisis fundamental sebelum Anda mulai trading. Jangan lupa uji dulu strategi trading perak Anda dengan Akun Demo MIFX. Dapatkan dana virtual $10.000 untuk simulasi trading perak, forex, dan komoditi lainnya tanpa risiko.

 

Belajar Trading Sekarang di www.balitradersacademy.com


Komentar